Tarif AS Akan Pangkas 0,3% PDB di Tahun Depan

Tarif AS Akan Pangkas 0,3% PDB di Tahun Depan

Kamis, 12 Juli 2018 18:48:24 WIB

Tim riset Deutsche Bank menjelaskan dampak negatif tarif impor pemerintah Amerika Serikat (AS) yang diterapkan secara penuh terhadap PDB AS.

Menurut Zhiwei Zhang, Kepala Ekonom China di Deutsche Bank, jika diterapkan sepenuhnya, dampak tarif pada ekonomi riil adalah terpangkasnya 0,3% dari PDB, yang kemungkinan akan terjadi di tahun depan.

Zhiwei menulis timeline proses penerapan tarif baru pada barang impor dari China senilai $200 miliar akan melalui proses konsultasi yang sama dengan daftar tarif $34 miliar yang sudah diterapkan sejak Jumat pekan lalu.

Pemerintahan AS akan menerima pendapat dari Kongres dan House of Representative pada 17 Agustus, (2) mengadakan dengar pendapat publik pada 20 Agustus, dan (3) menerima komentar pasca dengar pendapat pada 30 Agustus.

Dampak awal tarif 10% ini akan terjadi di awal September. Zhiwei memperkirakan setengah atau lebih dari daftar produk-produk ini akan dibahas dalam proses konsultasi ini dan bisa saja dikurangi seperti halnya tarif $34 miliar yang sudah diterapkan, awalnya direncanakan $50 miliar.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search