Tarif Impor AS Bisa Pangkas Setengah Pertumbuhan Ekonomi China

Tarif Impor AS Bisa Pangkas Setengah Pertumbuhan Ekonomi China

Rabu, 20 Juni 2018 11:39:20 WIB

Ancaman Presiden AS Donald Trump untuk memberlakukan tarif impor barang dari China sebesar $ 200 miliar dapat memangkas pertumbuhan ekonomi negara China hingga setengahnya, demikian perkiraan para ekonom yang disurvei.

Peringatan itu datang di tengah tanda-tanda bahwa ekonomi terbesar kedua di dunia ini sudah melambat karena perselisihan perdagangan yang berlarut-larut. Perekonomian China tumbuh sebesar 6,9 persen pada tahun 2017 dan pemerintah telah menetapkan target pertumbuhan sebesar 6,5 persen untuk tahun ini.

Trump pada Senin malam memerintahkan identifikasi $ 200 miliar impor Cina untuk tarif tambahan 10 persen - dengan $ 200 miliar setelah itu jika Beijing membalas. Dia sudah berjanji untuk menetapkan tarif 25 persen pada impor barang dari China senilai $ 50 miliar, mulai tanggal 6 Juli dengan tahap pertama pada impor senilai $ 34 miliar.

Dalam mengantisipasi kemungkinan perang dagang ini China sendiri memiliki "senjata" terbatas disebabkan nilai impor dari AS yang jauh lebih sedikit dibandingkan ekspornya ke AS. China mengimpor hanya $ 129,9 miliar dari AS pada 2017, dibandingkan dengan $ 505,5 miliar nilai ekspornya ke AS.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search