The Fed Menyiratkan Kenaikan Suku Bunga di Akhir Tahun. Tapi…

The Fed Menyiratkan Kenaikan Suku Bunga di Akhir Tahun. Tapi…

Kamis, 11 April 2019 08:11:21 WIB

Perilisan Minutes Federal Open Market Committee (FOMC) dini hari tadi menegaskan bahwa The Fed tidak akan menaikkan suku bunganya pada rapat kali ini. Namun The Fed seakan menyiratkan kenaikan suku bunga di akhir tahun jika kondisi ekonomi di AS terus menunjukan perkembangan.

Dalam Minutes tersebut peserta rapat mengindikasikan bahwa jika pertumbuhan ekonomi AS terus berkembang hingga melewati batas yang sudah diharapkan, kemungkinan mereka akan sepakat untuk menaikkan tingkat suku bunga atau federal funds rate di akhir tahun ini. Salah satu yang akan menjadi perhatian nanti adalah bagaimana data ekonomi di AS, tingkat pengangguran, dan laju inflasi.

Semalam rilis data inflasi AS juga dirilis bagus di angka 0.4% di atas ekspektasi 0.3% dan tumbuh lebih tinggi dibandingkan bulan Maret yang hanya di angka 0.2%.

Meski menyiratkan hal tersebut, The Fed dalam perilisan Minutes-nya tetap menegaskan bahwa prospek pertumbuhan ekonomi dan kemungkinan adanya risiko-risiko yang akan terjadi secara global lebih cenderung untuk The Fed mempertahankan tingkat suku bunganya sepanjang tahun ini.

Sikap dovish yang sudah dilakukan oleh The Fed selama dua pertemuan terakhir sebelumnya memberikan ekspektasi bahwa bisa saja ada kemungkinan The Fed memangkas tingkat suku bunganya. Para analis pun berpendapat bahwa probabilitas kenaikan suku bunga masih sangat kecil dan masih cenderung untuk mempertahankan tingkat suku bunga di angka 2.50%.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search