TIga Kenaikan Fed Rate Tahun Depan Akan Picu Reli Dollar

TIga Kenaikan Fed Rate Tahun Depan Akan Picu Reli Dollar

Selasa, 18 Desember 2018 18:22:49 WIB

Dollar AS merosot lebih rendah terhadap enam mata uang utama pada hari Selasa menjelang pertemuan Federal Reserve minggu ini sementara yen tetap didukung di tengah kekhawatiran atas prospek pertumbuhan global.

Indeks dollar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, turun ke terendah satu minggu 96,88, turun 0,26 persen pada saat penulisan.

Dengan The Fed secara luas diharapkan menaikkan suku bunga keempatnya tahun ini di akhir pertemuan kebijakan dua hari pada hari Rabu, pelaku pasar lebih menantikan arah kebijakan moneter The Fed di tahun depan.

"Kami mengharapkan kenaikan dovish oleh Fed. Data belum cukup hangat untuk bank sentral untuk tidak menaikkan pada bulan Desember," kata Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang senior di NAB.

Pejabat Senior Fed, termasuk Ketua Fed Jerome Powell, baru-baru ini menjadi lebih berhati-hati tentang pandangan kebijakan yang menggarisbawahi pergeseran sentimen pasar dari beberapa bulan yang lalu di tengah meningkatnya tanda-tanda melambatnya ekonomi global.

Sementara proyeksi median utama bank-bank AS dari September menunjukkan peluang The Fed untuk menaikkan suku bunga tiga kali pada 2019, pasar berjangka suku bunga menetapkan hanya satu kenaikan suku bunga untuk 2019.

Ketidaksesuaian ini sebagian besar mencerminkan keyakinan bahwa biaya pinjaman AS yang lebih tinggi kemungkinan akan merugikan pertumbuhan AS dan akhirnya memaksa The Fed untuk memperlambat laju kenaikan suku bunga.

Perekonomian AS, yang telah tumbuh kuat tahun ini, telah mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan, menambah bukti yang berkembang di tempat lain termasuk di Eropa dan China.

Sebagian besar investor mengharapkan bank sentral untuk menjadi kurang hawkish jadi jika Fed pada konferensi pers FOMC mengatakan bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut diperlukan dan masih ada ruang lingkup untuk 3 kenaikan bunga di tahun depan, dollar akan melambung terlepas dari kekhawatiran Powell tentang ekonomi, kata Kathy Lien, managing director of currency strategy dalam sebuah catatan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search