Timur Tengah Kembali Memanas, Iran Menembakan Sejumlah Rudal Ke Pangkalan Udara Irak

Timur Tengah Kembali Memanas, Iran Menembakan Sejumlah Rudal Ke Pangkalan Udara Irak

Rabu, 08 Januari 2020 09:09:35 WIB
Pentagon pada hari Rabu melaporkan bahwa Iran telah meluncurkan lebih dari selusin rudal balistik ke berbagai pangkalan yang menampung pasukan AS di Irak.

Hingga saat ini belum ada berita yang melaporkan apakah ada anggota tentara AS yang terluka karena serangan tersebut.

Setelah laporan serangan tersebut, sekretaris pers Gedung Putih, Stephanie Grisham mengatakan bahwa Presiden Donald Trump telah berikan pengarahan dan memantau situasi dengan cermat dan berkonsultasi dengan tim keamanan nasionalnya.

Trump sebelumnya mengunjungi salah satu pangkalan yang diserang tersebut.

Wakil Presiden Mike Pence memberi pengarahan kepada ketua DPR AS Nancy Pelosi tentang serangan tersebut.

Dalam sebuah tweet, Pelosi mengatakan bahwa dia memantau situasi dengan cermat.

Dia juga mengatakan bahwa kita harus memastikan keselamatan tentara kita, yang termasuk mengakhiri provokasi yang tidak perlu dari pemerintah dan menuntut agar Iran hentikan kekerasannya. Amerika dan dunia tidak ingin perang.

Sementara itu asisten menteri pertahanan untuk urusan publik, Jonathan Hoffman merilis pernyataan setelah serangan, yaitu:

Sekitar pukul 5:30 WIB tanggal 7 Januari, Iran telah meluncurkan lebih dari selusin rudal balistik ke militer AS dan tentara koalisi di Irak. Jelas bahwa rudal ini diluncurkan dari Iran dan menargetkan setidaknya dua pangkalan militer Irak yang ditempati oleh personel AS dan koalisi di Al-Assad dan Irbil. Kami sedang bekerja untuk menilai kerusakan dari serangan tersebut.

Sementarai itu menteri pertahanan AS Mark Esper mengatakan bahwa AS tidak ingin mencari perang dengan Iran.

Dia juga mengatakan bahwa kami tidak ingin memulai perang dengan Iran, namun kami siap untuk menyelesaikannya. Washington saat ini melihat kondisi semakin memburuk.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search