Tingkat Inflasi Zona Euro Turun 0.6% di Januari

Tingkat Inflasi Zona Euro Turun 0.6% di Januari

Selasa, 24 Februari 2015 17:38:58 WIB

Monexnews - Harga konsumen di seluruh kawasan Uni Eropa turun di bulan Januari pada laju tercepat sejak mulai dicatat di tahun 1997, meningkatkan resiko bahwa 28 anggota blok Euro akan tergelincir menuju deflasi.

Data terpisah yang dirilis pada akhir bulan lalu menunjukkan harga konsumen di zona Euro, blok yang terdiri dari 19 negara yang menggunakan mata uang euro, turun pada laju tercepat sejak Juli 2009.

Eurostat pada hari Selasa mengatakan bahwa harga konsumen di blok 28 negara Euro turun sebesar 0.5% di bulan Januari dari setahun yang lalu, dan dikonfirmasikan bahwa harga di zona Euro lebih rendah 0.6% pada periode yang sama.

Sebanyak duapuluh tiga anggota Uni Eropa mengalami penurunan harga konsumen pada tingkat tahunan di bulan Januari, naik dari 16 anggota di bulan Desember dan hanya empat anggota di bulan November.

Penurunan dalam harga dalam periode 12 bulan sampai Januari sebagian besar disebabkan oleh penurunan tajam dalam harga energi. Eropa adalah importir energi, dan ekonom biasanya membandingkan penurunan di harga minyak dan gas alam terhadap pemangkasan pajak, dalam upaya membuat konsumen memiliki banyak uang untuk membelanjakan barang-barang dan jasa, yang mana banyak diproduksi di dalam blok.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search