Tingkat Kepercayaan Konsumen Zona Euro Turun di Bulan November

Tingkat Kepercayaan Konsumen Zona Euro Turun di Bulan November

Kamis, 21 November 2013 22:46:51 WIB

Monexnews - Tingkat kepercayaan konsumen Zona Euro menjadi lebih pesimistis untuk bulan November, penurunan pertama dalam satu tahun, yang menambah kekhawatiran akan keberlajutan melemahnya pertumbuhan wilayah tersebut. European Commission mengatakan estimasi awal tingkat kepercayaan konsumen untuk bulan November turun menjadi -15,4 dari -14,5 pada bulan Oktober.

Sebelum penurunan tersebut, tingkat kepercayaan terus meningkat mulai bulan Desember 2012, mencerminkan keyakinan konsumen krisis fiskal dan perbankan di 17 negara tersebut secara berlahan telah berlalu. Ekonomi zona Euro mulai tumbuh pada kuartal kedua tahun ini setelah berkontraksi selama enam kuartal sebelumnya, namun pada kuartal ketiga ekonomi kembali melambat, sementara tingkat penganguran kembali menyentuh rekor tertinggi baru, yang kembali merusak kepercayaan konsumen.

Penurunan tingkat kepercayaan tersebut memberikan sinyal belanja konsumen tidak akan naik signifikan dalam beberapa bulan kedepan, memperlambat pertumbuhan ekonomi, dan tingkat inflasi akan menjadi tetap rendah.

Rilis data tingkat kepercayaan konsumen tersebut menyusul rilis data aktivitas bisnis baik manufaktur maupun jasa zona Euro yang melemah, dan data GDP yang juga dirilis melambat pada pekan sebelumnya. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search