Tingkat Pengangguran AS Turun Ke Level Rendah 50-Tahun, Namun Jumlah Tenaga Kerja Hanya Naik 136.000 di Periode September

Tingkat Pengangguran AS Turun Ke Level Rendah 50-Tahun, Namun Jumlah Tenaga Kerja Hanya Naik 136.000 di Periode September

Jum'at, 04 Oktober 2019 19:49:23 WIB
Departemen tenaga kerja AS pada hari Jumat melaporkan bahwa tingkat pengangguran di Amerika Serikat turun ke level terendah dalam 50 tahun di periode September meskipun jumlah penambahan tenaga kerja diluar sektor pertanian hanya meningkat 136.000.

Tingkat pengangguran turun 0.2% menjadi 3.5%, level tersebut menyamai level yang terakhir terlihat di Desember 1969. Tingkat ukuran yang lebih luas yang mencakup pekerja yang putus asa dan menganggur juga turun, turun sebesar 0.3% menjadi 6.9%, menyamai level terendah hampir 19 tahun dan hampir mendekati level terendah sepanjang masa di level 6.8%.

Selain itu, tingkat pengangguran untuk orang Amerika Latin juga mencapai rekor terendah, dan untuk warga campuran Amerika-Afrika bertahan di level terendah sepanjang masa.

Pada saat yang sama, ekonomi melihat pertumbuhan bulanan jumlah pekerja melambat. Jumlah kenaikan tenaga kerja di luar sektor pertanain tidak mencapai ekspektasi pasar untuk level 145.000.

Data lainnya yaitu tingkat upah rata-rata per jam juga hasilnya mengecewakan, dengan tidak ada peningkatan untuk level bulanan dan hanya naik 2.9% untuk tingkat tahunan di periode September, ini adalah pertumbuhan terendah sejak Juli 2018.

Perilisan ini datang di tengah ketidakpastian pada ekonomi, dengan meningkatnya eskalasi ketakutan bahwa pelemahan di luar negeri akan berimbas ke Amerika Serikat dan dapat memicu resesi. Pembacaan di awal pekan ini menunjukan bahwa masih berlanjutnya kontraksi di sektor manufaktur dan penurunan tajam dalam jumlah yang lebih besar di industri jasa.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search