Tiongkok Janjikan Tingkatkan Belanja, Optimisme Kesepakatan Dagang Meningkat

Tiongkok Janjikan Tingkatkan Belanja, Optimisme Kesepakatan Dagang Meningkat

Selasa, 14 Januari 2020 17:38:23 WIB

Tiongkok dikabarkan menjanjikan akan meningkatkan belanja senilai hampir 80 miliar dolar AS dalam bentuk produksi buatan AS selama 2 tahun mendatang.

Selain itu, sebagai bagian dari kesepakatan dagang yang akan ditandatangani, Tiongkok juga diharapkan akan mengumumkan janji pembelian produk AS pada saat upacara penandatanganan berlangsung, diantaranya:
- Sektor energi senilai 50 milar dolar AS.
- Sektor jasa senilai 35 miliar dolar AS.
- Sektor agrikultur senilai 32 miliar dolar AS.
Semuanya dalam jangka waktu 2 tahun kedepan. Penandatanganan dijadwalkan akan dilakasanakan pada hari Rabu (13/1) di AS, dimana perwakilan Tiongkok, Wakil presiden Liu He, dan delegasi Tiongkok sudah tiba di AS.

Jumlah yang akan dijanjikan oleh Tiongkok tersebut memicu kekhawatiran apakah dapat dipenuhi oleh kedua belah pihak. Tetapi para pelaku pasar nampak menerima secara optimis terhadap penandatanganan kesepakatan dagang besok.

Lancarnya kerja-sama dagang antara AS - Tiongkok diharapkan akan memperbaiki kondisi ekonomi global yang telah mengalami perlambatan, berpotensi mendukung penguatan aset-aset beresiko, termaksud diantaranya mata uang Euro,Poundsterling, dan Dolar Asutralia yang sangat terkait dengan kondisi ekonomi Tiongkok, juga harga minyak mentah yang diharapkan mengalami peningkatan permintaan di tengah pulihnya ekonomi dunia. Sebaliknya, lancarnya kerjasama ini akan menekan aset aman seperti harga emas dan yen Jepang.


(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search