Trump Kembali Tekan The Fed untuk Turunkan Bunga

Trump Kembali Tekan The Fed untuk Turunkan Bunga

Rabu, 19 Juni 2019 11:08:11 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump membandingkan kebijakan Federal Reserve dengan bank sentral negara lain, khususnya Bank Sentral Eropa (ECB) yang dia nilai memiliki "sikap yang jauh berbeda" daripada The Fed.

Trump mengecam Presiden ECB Mario Draghi, yang pada hari sebelumnya mengisyaratkan lebih banyak uang stimulus dan penurunan suku bunga jika ekonomi zona euro tidak membaik.

Trump kemudian berkicau di akun Twitternya bahwa kenaikan indeks DAX Jerman karena komentar Draghi adalah "sangat tidak adil bagi Amerika Serikat". Nilai euro yang melemah dinilainya menguntungkan produk-produk Uni Eropa menjadi lebih murah dibandingkan produk asal AS. Trump menjelaskan hal ini juga dilakukan oleh China dan negara-negara lain yang dinilainya sengaja melemahkan nilai mata uangnya.

Rencana Pencopotan Powell

Pada Selasa kemarin Trump ditanya oleh wartawan apakah dia masih ingin mencopot Jerome Powell dari jabatan Ketua Federal Reserve. Pertanyaan-pertanyaan itu didorong oleh laporan Bloomberg News bahwa penasihat Gedung Putih mengeksplorasi legalitas mencopot Powell dari jabatannya dan meninggalkannya di dewan sebagai gubernur.

Presiden telah mendesak The Fed untuk memangkas suku bunga, yang telah meningkat dari 0% menjadi 2,5% dalam tiga tahun terakhir.

The Fed mengadakan pertemuan FOMC pada hari Selasa dan Rabu dan diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah, tetapi dapat memangkas suku bunga di akhir tahun.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search