Trump Mengaku Tak Tahu Rencana Penangkapan Direktur Huawei

Trump Mengaku Tak Tahu Rencana Penangkapan Direktur Huawei

Jum'at, 07 Desember 2018 11:56:50 WIB

Presiden Donald Trump mengaku tidak tahu tentang rencana penangkapan direktur keuangan perusahaan raksasa telkom Cina Huawei di Kanada. Pernyataan ini disinyalir untuk mencegah insiden itu bisa menghambat pembicaraan perdagangan penting dengan Beijing.

Chief Financial Officer Huawei Technologies Co. Ltd., Meng Wanzhou, anak perempuan dari pendiri perusahaan, ditahan di Kanada pada 1 Desember lalu, hari yang sama Trump dan Presiden Cina Xi Jinping makan malam bersama di KTT G20 di Buenos Aires.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan kepada Reuters bahwa Trump tidak tahu tentang. permintaan ekstradisinya dari Kanada sebelum dia dengan Xi dan menyetujui gencatan senjata 90 hari dalam perang tarif dengan China.

Penangkapan Meng selama persinggahan di Vancouver, diumumkan oleh pihak berwenang Kanada pada hari Rabu, memukul pasar saham yang khawatir penangkapan ini bisa merusak pembicaraan perdagangan kedua negara.

Penahanan dilakukan atas permintaan Washington sebagai bagian dari investigasi AS terhadap sistem perbankan global terkait sanksi terhadap Iran.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat tidak disebutkan namanya, mengakui bahwa keputusan tersebut dapat mempersulit upaya untuk mencapai kesepakatan perdagangan AS-Cina yang lebih luas, tetapi tidak akan selalu merusak proses.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search