Trump Tidak Akan Melunak dalam Negosiasi Perdagangan AS-China

Trump Tidak Akan Melunak dalam Negosiasi Perdagangan AS-China

Rabu, 23 Januari 2019 15:23:01 WIB

Presiden AS Donald Trump tampaknya tidak akan bersikap lunak pada sikapnya terhadap Beijing dalam proses pembicaraan perdagangan. Dia terus bersikeras agar China terus melakukan reformasi struktural yang nyata, termasuk bagaimana menghentikan pencurian kekayaan intelektual dari perusahaan AS, untuk mencapai kesepakatan, demikian para penasihat membocorkan pernyataan Trump ke media.

Akhir pekan lalu China menawarkan untuk membeli lebih banyak barang-barang Amerika hingga $1 triliun dalam kurun waktu 5 tahun sehingga neraca perdagangan kedua negara tidak lagi menghasilkan defisit bagi AS. Namun tawaran itu tidak dengan sendirinya mengatasi masalah yang telah mengganggu pembicaraan antara kedua negara. Pembicaraan itu akan berlanjut ketika Wakil Perdana Menteri China Liu He mengunjungi Washington pada akhir Januari.

Amerika Serikat menuduh Cina mencuri kekayaan intelektual dan memaksa perusahaan-perusahaan Amerika untuk berbagi teknologi ketika mereka melakukan bisnis di China. Namun, Beijing membantah tuduhan itu.

Dengan tenggat waktu 1 Maret mendekati untuk mencapai kesepakatan atau risiko akan ada peningkatan tarif atas barang-barang Cina senilai $ 200 miliar, kedua belah pihak masih jauh dari kunci pembicaraan yaitu hak kekayaan intelektual ini.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search