Tsipras: Ada Resiko Miskalkulasi Dengan Merkel Pada Bantuan Yunani

Tsipras: Ada Resiko Miskalkulasi Dengan Merkel Pada Bantuan Yunani

Senin, 22 Juni 2015 08:47:30 WIB

Monexnews - Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras sedang menguji kesabaran Angela Merkel, mempertaruhkan harapan terbaik untuk menjaga negaranya di kawasan Euro.

Di saat Kanselir Jerman mengatakan bahwa dia ingin mempertahankan keutuhan kawasan Euro, Tsipras mungkin telah melebih-lebihkan kesediaannya untuk berkompromi pada pertemuan darurat yang serukan untuk memecahkan kebuntuan bantuan Yunani, menurut orang yang familiar dengan pemikiran pemerintah.

Sikapnya didukung oleh estimasi Kanselir bahwa dampak keuangan pada Jerman dari default Yunani akan menjadi terbatas pada 1 miliar euro ($1.1 miliar) pertahun, kata orang yang meminta untuk dirahasiakan indentitasnya dalam membahas pertimbangan pemerintah. Ketika Merkel mengeraskan nadanya, dia akan melakukan perhitungan tersebut ke dalam pertemuan khusus dengan Tsipras dan 17 pemimpin kawasan Euro lainnya di Brussels pada hari Senin.

Salah satu kepala ekonom di salah satu broker di Frankfurt mengatakan bahwa Merkel masih berikan uluran tangan kepada rekannya dari Yunani, namun cukup jelas bahwa saat ini dia bergerak melampaui batasannya untuk mengunci sebuah kesepakatan pada kesempatan apapun. Yunani harus bangun dengan cepat terhadap realita bahwa Jerman telah mengerjakan pekerjaan rumah mereka dan melihat bahwa Yunani masih bisa diselamatkan.

Peringatan dari Merkel telah menjadi lebih eksplisit karena dengan 30 Juni yaitu saat berakhirnya bailout kedua Yunani semakin dekat dan para pemimpin Yunani, terutama Menteri Keuangan Yanis Varoufakis, menekankan bahwa dia untuk membuka bantuan yang diperlukan untuk hindari kemungkinan default. Dalam sebuah pidato kepada parlemen pada pekan lalu, dia menggambarkan bahwa Yunani sebagai beban abadi di Uni Eropa, dan kawasan ini akan menghadapi "banyak" tantangan mulai dari konflik Ukraina hingga perubahan iklim.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search