UE Tidak Berikan Periode Transisi Brexit Jika Inggris Tak Setujui Kesepakatan

Selasa, 02 April 2019 15:27:31 WIB

Uni Eropa menegaskan kembali potensi Brexit tanpa kesepakatan semakin membesar setelah Parlemen Inggris menolak draft kesepakatan Brexit dari Perdana Menteri untuk ketiga kalinya dalam voting semalam.

Kepala Negosiator Brexit Uni Eropa (UE) Michel Barnier mengatakan bahwa Brexit tanpa kesepakatan akan menjadi tanggung jawab Inggris.

UE menekankan, tidak akan ada negosiasi ulang kesepakatan Brexit dalam masa perpanjangan Brexit hingga 12 April ini, atau negosiasi apa pun tentang hubungan masa depan. Inggris juga tidak akan mendapatkan periode transisi setelah Brexit kecuali jika menyetujui kesepakatan Brexit.

Jika tidak ada kesepakatan, UE masih akan menuntut Inggris untuk menghormati kewajibannya atas hak warga negara, layanan keuangan, dan perbatasan Irlandia.

Pada Senin malam Parlemen Inggris atau House of Commons menolak semua opsi alternatif kesepakatan Brexit yang ditawarkan perdana menteri.

Empat opsi yang ditolak termasuk seruan pada pemerintah untuk menegosiasikan serikat pabean permanen, Inggris bergabung dengan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa dan Wilayah Ekonomi Eropa (Common Market 2.0).

Menteri Brexit Steve Barclay mengindikasikan pemerintahan PM May dapat menggelar pemungutan suara Brexit untuk kali keempat. PM May pun telah menyiratkan ide ini sebelumnya, dengan mengatakan bahwa, "kami membutuhkan sebuah rute alternatif untuk maju ke depan."

Sementara di Brussels, UE telah menyerukan adanya pertemuan darurat pada 10 April mendatang. Jika Brexit berakhir tanpa perjanjian dua hari setelahnya, maka hubungan dagang Inggris UE -- mitra terbesar di benua Eropa -- terputus.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search