Uni Eropa Galang Dukungan Internasional Hadapi Tarif Impor Mobil

Rabu, 04 Juli 2018 17:22:36 WIB

Uni Eropa (UE) menggalang dukungan internasional bagi mereka dalam menghadapi ancaman tarif impor pemerintah Amerika Serikat pada produk otomotif asal UE.

Para pejabat Uni Eropa sedang mempertimbangkan mengadakan pembicaraan tentang kesepakatan pemotongan tarif antara eksportir mobil terbesar dunia untuk mencegah sengketa perdagangan frontal dengan AS. Selain dengan UE, AS sedang berseteru dengan China dengan kedua negara saling mengeluarkan kebijakan atau beleid tarif impor yang tinggi pada produk kedua negara.

Proposal sedang dibahas para pejabat di Brussels, pusat administrasi Uni Eropa, menjelang pertemuan antara Jean-Claude Juncker, presiden Komisi Eropa, dan Presiden Donald Trump di Washington pada bulan ini.

Dilaporkan bahwa tiga diplomat, yang tidak disebutkan namanya, mengatakan Komisi Eropa "sedang mempelajari apakah akan layak untuk menegosiasikan kesepakatan dengan eksportir mobil besar lainnya seperti Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang." Langkah seperti itu dapat mengatasi Keluhan Trump bahwa sektor otomotif AS telah diperlakukan tidak adil, sementara mengurangi biaya ekspor untuk sektor otomotif negara-negara lain yang berpartisipasi.

Dalam kesepakatan seperti itu, para peserta akan mengurangi tarif ke tingkat yang disepakati untuk satu set produk tertentu. Konsep ini dalam perdagangan internasional dikenal sebagai 'perjanjian plurilateral' yang memungkinkan negara-negara memberlakukan kesepakatan mengenai tarif tanpa melibatkan seluruh anggota WTO.

Pemerintah AS berencana mengenakan tarif 20 persen pada mobil asal UE untuk melindungi industro otomotif dalam negerinya


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search