Voting Referendum Skotlandia Resmi Dimulai

Voting Referendum Skotlandia Resmi Dimulai

Kamis, 18 September 2014 13:57:25 WIB

Monexnews - Masyarakat Skotlandia telah mulai memberikan suaranya yang akan memutuskan apakah Skotlandia tetap menjadi bagian dari Inggris atau keluar menjadi negara tersendiri. Referendum Skotlandia akan menjadi peristiwa bersejarah karena akan turut menentukan keutuhan negara Inggris setelah England, Skotlandia, Wales, dan Irlandia sepakat membentuk United Kingdom pada 307 tahun silam. Tingkat partisipasi cukup tinggi dimana 97% penduduk Skotlandia akan memberikan suaranya.

Survei terakhir menunjukan referendum Skotlandia akan berlangsung ketat. Tiga survei yang dirilis kemarin - ICM, Opinium, dan Survation- menunjukan suara yang mendukung kemerdekaan Skotlandia mencapai 48% sedangkan yang mendukung Skotlandia tetap menjadi bagian Inggris mencapai 52%. Survei juga menunjukan 8% - 14% dari 4,3 juta rakyat Skotlandia yang akan memberikan suara masih belum menentukan pilihannya. Ini berarti kubu manapun masih berpeluang menangkan referendum jika bisa menarik lebih banyak simpati dari rakyat Skotlandia.

Jika Skotlandia ternyata memutuskan untuk merdeka dan membentuk negara sendiri maka Skotlandia dan Inggris akan melakukan negosiasi selama 18 bulan untuk menyelesaikan berbagai isu. Minyak di Laut Utara, pangkalan kapal selam nuklir Inggris, mata uang pound, keanggotaan Uni Eropa akan menjadi topik utama. Voting resmi dimulai pada hari Kamis pada jam 13.00 WIB dan akan ditutup pada hari Jumat jam 04.00 WIB. Hasil voting kemungkinan akan dapat diperoleh secepatnya pada Jumat siang. (fr)


(fr)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search