Weidmann: ECB Tidak Terpaku Dengan Petunjuk Suku Bunga

Weidmann: ECB Tidak Terpaku Dengan Petunjuk Suku Bunga

Kamis, 11 Juli 2013 19:16:18 WIB

Monexnews - European Central Bank tidak terpaku dengan penggunaan mengenai petunjuk atas tingkat suku bunga rendah, dan dapat menaikkan tingkat suku bunga jika tekanan inflasi kembali muncul, ucap petinggi ECB Jens Weidmann pada hari Kamis. Meninggalkan tradisi kebijakan yang tidak pernah memberikan petunjukan mengenai suku bunga, ECB sepekan lalu mengatakan akan menahan tingkat suku bunga pada level saat ini atau lebih rendah untuk waktu yang lebih lama.

ECB mengambil langkah tersebut dalam respon terhadap volatilitas pasar, yang terjadi setelah Federal Reserve bulan lalu mengumumkan rencana untuk mulai memperlambat stimulusnya. Komentar terbaru dari gubernur the Fed Ben Bernanke memicu pergerakan pasar pada hari Kamis. Tidak pasti mengenai kapan the Fed akan menarik stimulusnya, pasar mencoba menilai sampai kapan kebijakan suku bunga rendah ECB dapat bertahan, suatu hal yang sulit mengingat nada yang bervariasi pada komentar petinggi ECB dari pekan lalu.

Weidmann, salah satu petinggi yang mempertahankan mandat ECB untuk menjaga tingkat inflasi, menekankan bahwa langkah kebijakan moneter ECB tergantung oleh perkembangan ekonomi. "Petunjuk mengenai tingkat suku bunga tidak absolut," ucapnya dalam pidato di Munich. "ECB sama sekali tidak terikat dengan pedoman tersebut." Sementara ekspektasi ECB untuk tingkat suku bunga akan tetap rendah sesuai dengan situasi perekonomian yang sedang lemah, Weidmann mengatakan langkah kebijakan ECB pekan lalu bukanlah perubahan pada komunikasi kebijakan moneter.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search