Yen Defensif Menanti Perkembangan Situasi di Ukraina

Yen Defensif Menanti Perkembangan Situasi di Ukraina

Selasa, 18 Maret 2014 08:29:56 WIB

Monexnews - Mata uang safe haven yen berada dalam posisi yang defensif saat ini dan euro nampak kokoh pada awal sesi perdagangan hari Selasa seiring kecemasan mengenai krisis di Ukraina mereda untuk sementara waktu. Sanksi ekonomi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa terhadap Rusia menyusul voting di Crimea pada akhir pekan lalu untuk bergabung dengan Moskow dinilai terlalu lambat untuk menaikkan ketegangan dalam jangka pendek secara dramatis terhadap republic Soviet, mengurangi tingkat permintaan mata uang safe haven seperti yen dan franc Swiss.

Dollar menguat sebesar 0.1% menuju level 101.80 yen, menjauh dari level rendah belakangan ini di dekat 101.20, terbantu oleh kenaikan yield obligasi AS. Sementara euro bertahan pada $1.3930, dekat level tinggi 2-1/2-tahun di sekitar $1.3967 yang dicapai hari Kamis lalu seiring hilangnya ekspektasi pelonggaran oleh European Central Bank.

Pasca

referendum hari Minggu lalu di Crimea dengan mayoritas suara memilih untuk bergabung dengan Rusia, Amerika Serikat dan Uni Eropa pada hari Senin memberlakukan sanksi pada Rusia dan pejabat Crimea yang terlibat dalam pemisahan Crimea dari Ukraina.

"Dalam fokus jangka pendek adalah pidato presiden Rusia Vladimir Putin hari ini. Jika ia membantah penggabungan Crimea oleh Rusia dalam waktu dekat, dollar dapat kembali menguat seiring meredanya risk-aversion," ucap Masafumi Yamamoto, kepala strategis pada Praevidentia Strategy di Tokyo. "Namun pernyataan atas keinginan untuk penggabungan secara cepat dan retaliasi terhadap sanksi oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat akan kembali menghidupkan kecemasan ekonomi, mendorong yield obligasi pemeirntah AS turun dan menekan nilai tukar dollar," ucapnya.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search