Yen Kehilangan Status Safe Haven di Tengah Perang Tarif AS

Yen Kehilangan Status Safe Haven di Tengah Perang Tarif AS

Kamis, 12 Juli 2018 16:47:31 WIB

Pasangan USDJPY naik menjadi 112,41 di Asia - level tertinggi pada bulan Januari meskipun meningkatnya ketegangan perdagangan AS-China menyebabkan munculnya sentimen safe haven.

Gejolak di pasar keuangan seharusnya situasi yang seharusnya menguntungkan yen, sebagai mata uang safe haven, demikian pula mata uang safe lainnya franc Swiss ikut melemah terhadap dollar. Namun, tidak demikian dengan emas, logam mulia safe haven yang mengalami penguatan.

Korelasi yang selama ini berlaku, tidak terjadi kali ini. Tarif AS yang diberlakukan akan berdampak pada negara-negara yang mengalami surplus perdagangan dengan AS, tidak hanya China. Tahun lalu AS mengalami defisit perdagangan sebesar $70 miliar dengan Jepang sehingga Jepang potensial menjadi negara berikutnya yang produk ekspornya akan terkena kebijakan tarif AS.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search