Yield Obligasi Jepang Naik Tajam Respons Berita Peluang BOJ Akhiri Stimulus

Yield Obligasi Jepang Naik Tajam Respons Berita Peluang BOJ Akhiri Stimulus

Senin, 23 Juli 2018 11:08:45 WIB

Harga obligasi pemerintah Jepang (JGB) turun tajam pada hari Senin dengan yield atau imbal hasil obligasi tenor 10-tahun yang jadi acuan pasar mencapai tertinggi dalam hampir enam bulan, menyusul beredarnya laporan Bank of Japan (BOJ) saat ini aktif membahas perubahan kebijakannya.

Imbal hasil obligasi 10-tahun naik sebanyak enam basis poin menjadi 0,090 persen, tingkat yang terakhir terlihat pada awal Februari dan dalam kisaran 0,110 persen, tingkat di mana BOJ telah melakukan pembelian tidak terbatas di masa lalu untuk membendung kenaikan yield JGB.

Sebuah sumber mengatakan BOJ sedang mengadakan diskusi awal tentang membuat perubahan pada target suku bunga dan teknik pembelian saham, dengan fokus pada cara untuk membuat program stimulus besar lebih berkelanjutan.

"Apa pun penjelasan yang dilakukan BOJ, jika itu membuat penyesuaian kebijakan yang akan mengarah pada suku bunga yang lebih tinggi, akan membuat pelaku pasar menyadari bahwa BOJ berada dalam fase penarikan dari stimulus besar-besaran," kata Takafumi Yamawaki, kepala mata uang dan pendapatan tetap penelitian di JP Morgan Securities.

Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda memulai pembelian obligasi besar-besaran pada tahun 2013 dengan tujuan untuk memerangi tekanan deflasi dan meningkatkan harga.

Tetapi inflasi Jepang hingga kini masih jauh dari mencapai target 2 persen BOJ bahkan setelah bank sentral telah menyerap lebih dari 40 persen JGB.

Berita ini turut menjadi penyebab penguatan yen di awal sesi Asia Senin, selain karena dollar sedang melemah akibat pernyataan Presiden Donald Trump yang tidak nyaman akan keperkasaan mata uang negaranya.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search