Yunani Selangkah Lebih Maju Menuju Diskusi Bailout Ketiga

Yunani Selangkah Lebih Maju Menuju Diskusi Bailout Ketiga

Selasa, 21 Juli 2015 15:41:07 WIB

Monexnews - Pemerintah Yunani menyerahkan legislasi kepada parlemen hari Selasa, yang mana merupakan syarat yang dibutuhkan oleh pihak kreditur internasional untuk memulai diskusi paket bantuan senilai milyaran euro. Perdana Menteri Alexis Tsipras memiliki waktu hingga hari Rabu malam untuk merancang kebijakan yang akan diadopsi tersebut. Paket reformasi pertama memicu penolakan dalam partainya pekan lalu dan disahkan hanya berkat suara dari partai oposisi yang pro Uni Eropa. Paket kedua, meski lebih ringan, akan etap menjadi ujian bagi mayoritasnya yang berkurang.

Paket tersebut akan membuat peraturan Uni Eropa yang baru mengenai bantuan bagi bank-bank yang pailit disahkan menjadi undang-undang di Yunani, yang diputuskan pasa krisis keuangan tahun 2008 dan bertujuan untuk melindungi masyarakat dari resiko harus membantu bank-bank yang bermasalah. Bank Recovery and Resolution Directive (BRRD) membagi kerugian pada para pemegang saham dan kreditur bank yang bermasalah tersebut, dalam proses yang disebut "bail-in", sebelum uang masyarakat dapat digunakan untuk menyelamatkan bank. Komisi Eropa pada akhir Mei lalu memberikan Italia, perancis, dan 9 negara Uni Eropa lainnya waktu selama 2 bulan untuk mengadopsi peraturan tersebut, yang mana seharusnya akan berlaku pada akhir tahun 2014, atau akan menghadapi langkah hukum. Paket

bailout tersebut juga termasuk adopsi peraturan baru bagi sistem peradilan sipil negara, bertujuan untuk mempercepat proses judisial dan memangkas biaya. Bersama dengan mitranya pada partai koalisi sayap kanan yaitu Independent Greeks Party, Tsipras memiliki 162 kursi dari total kursi sebanyak 300 di parlemen. Namun penolakan pekan lalu memangkas dukungan terhadap dirinya menjadi hanya 123 suara, yang berarti ia mungkin harus membutuhkan suara dari pihak oposisi.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search