Yunani Serahkan Proposal Reformasi Baru pada Uni Eropa

Yunani Serahkan Proposal Reformasi Baru pada Uni Eropa

Selasa, 09 Juni 2015 19:57:21 WIB

Monexnews - Yunani telah menyerahkan proposal baru kepada pihak krediturnya agar mendapatkan kucuran bantuan dan terhindar dari default, dengan Perdana Menteri Alexis Tsipras memberikan harapan adanya kesepakatan dan memperingatkan bahwa kegagalan dapat beresiko fatal. Proposal reformasi menandai usaha lebih lanjut oleh Tsipras untuk berkompromi dengan krediturnya seiring waktu yang kian menyempit untuk mencapai kesepakatan dan mencegah negaranya mengalami kebangkrutan. Mengindikasikan suasana yang lebih tenang seiring ia bersiap untuk bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande pada hari Rabu, Tsipras sepakat untuk menaikkan tingkat pajak pertambahan nilai dan menaikkan target suplus anggaran pada proposal untuk menjembatani perbedaan dengan pihak kreditur.

Program bailout Yunani dengan

Uni Eropa dan IMF akan habis pada akhir bulan ini, dan pihak Athena harus membayarkan utang dalam jumlah besar pada saat tersebut yang mungkin mustahil tanpa dana dari pihak krediturnya. Dalam wawancara dengan salah satu suratkabar Italia yang dirilis hari Selasa, Tsipras mengemukakan nada yang lebih tenang dibandingkan hari Jumat lalu, saat ini menolak syarat absurd dari pihak kreditur untuk reformasi dan pengetatan lebih lanjut. Mensinyalkan ruang untuk berkompromi, ia menentukan surplus anggaran Yunani sebelum pembayaran kembali utangnya, yang mana diinginkan oleh pihak Athen agar tetap rendah sehingga dapat memiliki dana luang untuk membantu populasi yang terkena krisis ekonomi selama 5 tahun. Namun ia tidak menunjukkan sinyal bahwa pihaknya akan menuruti permintaan pihak kreditur terkait dana pensiun.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search