Yunani Tidak Dapat Membayarkan Utang Pada IMF

Yunani Tidak Dapat Membayarkan Utang Pada IMF

Senin, 25 Mei 2015 11:57:34 WIB

Monexnews - Yunani tidak dapat membayarkan utang pada International Monetary Fund (IMF) bulan depan kecuali berhasil mendapatkan kesepakatan dengan pihak kreditur, menurut keterangan menteri dalam negeri Yunani pada hari Minggu, pernyataan yang paling terbuka dari Athena mengenai potensi default jika diskusi dengan pihak kreditur gagal mencapai kesepakatan. Tertekan oleh penutupan pasar obligasi dan dihentikannya bailout, Athena telah menjual sejumlah aset negara untuk memenuhi kewajibannya dan membayarkan upah serta dana pensiun. Dengan nasib Yunani sebagai anggota zona euro berada di ujung tanduk, salah satu menteri pemerintahannya mengatakan bahwa pihak kreditur internasional sengaja memperlambat proses diskusi dan "perlahan" menyiksa Yunani.

Pasca diskusi selama 4 bulan dengan negara mitar di zona euro dan IMF, pemerintah sayap kiri masih berusaha mencapai kesepakatan yang dapat mengucurkan dana bantuan yang tersisa hingga senilai 7.2 milyar euro (5.1 milyar pound) agar dapat terhindar dari default. Menteri Dalam Negeri Yunani Nikos Voutsis mengatakan bahwa keempat cicilan untuk IMF di bulan Juni senilai 1.6 milyar euro tidak dapat dibayarkan dan kami masih belum memiliki dana yang cukup. Ditanyakan mengenai potensi default jika gagal bayar, Voutsis mengatakan bahwa dirinya tidak memperkirakan akan terjadi hal seperti itu, hal tersebut bukan keiingan Yunani dan bukan bagian dari strategi Yunani. Voutsis menambahkan bahwa Yunani sedang berdiskusi, dan cukup optimis akan terjadi kesepakatan sehingga dapat bernafas lega.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search