Zona Euro Keluar Dari Rekor Resesi Terpanjang

Zona Euro Keluar Dari Rekor Resesi Terpanjang

Rabu, 14 Agustus 2013 17:01:26 WIB

Monexnews - Perekonomian di zona euro mulai pulih dari rekor resesi terpanjang di kuartal kedua, dipimpin oleh Jerman dan Perancis, ditengah pertama kalinya periode berkelanjutan tenangnya pasar keuangan sejak mulainya krisis utang.

Angka

GDP di 17-negara zona euro naik sebesar 0.3% di bulan April Juni setelah berkontraksi sebesar 0.3% pada tiga bulan sebelumnya, Badan stasitik Uni Eropa mengatakan pada hari ini di Luxemburg. Hasil tersebut melampaui perkiraan median untuk pertumbuhan 0.2% dalam survei Bloomberg News terhadap 41 ekonom. Dari tahun sebelumnya, ekonomi menyusut sebesar 0.7% di kuartal kedua.

Jerman dan Perancis, dua negara dengan perekonomian terbesar di zona euro, keduanya menunjukkan ekspansi yang lebih cepat dari perkiraan di kuartal kedua. Sementara itu outlook secara keseluruhan telah membaik, resesi telah mendorong tingkat pengangguran menuju rekor dan sebagian Eropa Selatan masih terperosok dalam krisis, dengan lebih dari setengah anak muda di Spanyol dan Yunani berhenti bekerja.

Kenaikan yang mengejutkan ini menunjukkan bahwa adanya perbaikan yang mendasar di zona euro seiring kuatnya ekspor telah melemahkan kontraksi di Spanyol dan Italia dan memacu pertumbuhan di negara-negara inti, terutama di Perancis, kata Ricardo Santos, seoran ekonom di BNP Paribas SA di London. Kita harus menunggu lebih lama untuk melihat setiap perbaikan di pasar kerja, namun ini menunjukkan bahwa bagian terburuk dari resesi kemungkinan telah berakhir.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search